Tempat Wisata di Cianjur: 9 Yang Harus Dikunjungi

Cianjur punya banyak objek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, kita sebut saja kebun raya cibodas atau curug cibeureum yang namanya sudah cukup terkenal. Namun itu hanya sebagian kecil saja yang ada di Cianjur, masih ada tempat wisata lain yang dapat menjadi pilihan wisata Anda di Cianjur. Ingin tahu apa saja tempat wisata di Cianjur tersebut? Ini dia informasinya untuk anda.

Tempat Wisata di Cianjur

1. Mandalawangi Cianjur
Mandalawangi Cibodas. via:rekreasijawabarat.blogspot.com

Mandalawangi merupakan camping ground yang terletak di dalam kompleks Kebun Raya Cibodas. Areanya cukup luas dan bisa Anda gunakan sekaligus untuk jalan-jalan di alam terbuka. Ada beberapa blok yang bisa di pilih untuk camping di Mandalawangi seperti blok air mancur, blok danau, blok sungai dan lain-lain. Anda bisa memanfaatkan Mandalawangi ini untuk seru-seruan camping bersama keluarga.

curug cibeureum Cibodas. via:ttravelingneverdies.com

Setelah dari Mandalawangi pengunjung bisa menuju ke Curug Cibeureum yang berada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Curug atau Air Terjun Cibereum ini lumayan tinggi, di bawahnya terdapat sebuah kolam yang dapat digunakan untuk mandi. Sebelum mencapai curug cibeureum anda akan trekking dengan jalan menanjak dan pemandangan alam yang indah.

3. Kebun Raya Cibodas
kebun raya cibodas. via:littlefamilyjourney.blogspot.co.id

Masih di Area Cibodas, pilihan wisata lainnya yang dapat dikunjungi adalah Kebun Raya Cibodas. Kebun Raya ini berisi aneka macam flora, termasuk Taman Sakura seperti yang ada di Jepang. Taman sakura ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, karena tidak perlu jauh-jauh untuk melihat bunga sakura. Selain bunga sakura Anda juga bisa menikmati air terjun di Cibodas.

4. Little Venice Kota Bunga Cipanas
little venice kota bunga cipanas. bisa naik gondola seperti di venice italia via:crazytravelmate.com

Kota Bunga merupakan kawasan Villa Estate, banyak rumah-rumah di sini bergaya ala Eropa dan bisa dibilang tempat ini mirip dengan Kota Wisata Cibubur, namun rumah-rumah itu disewakan untuk pengunjung yang ingin menginap. Di kawasan kota bunga ini terdapat tempat bernama little venice, anda bisa naik gondola seperti yang ada di Venesia, Italia.

5. Taman Bunga Nusantara
Taman Bunga Nusantara. via:sofia-zhanzabila.com

Di Taman Bunga Nusantara pengunjung bisa melihat berbagai macam bunga dari seluruh dunia  yang terbagi menjadi beberapa area taman dan tersusun secara rapih. Taman ini memiliki nama masing-masing sesuai dengan temanya, salah satunya adalah Taman Perancis yang mengikuti desain masa Renaissance dengan bentuk-bentuk geometrisnya. Selain aneka macam bunga di sini juga ada area bermain yang bernama alam imajinasi.

6. Situs Megalitik Gunung Padang
situs gunung padang cianjur. via:otonomi.co.id

Situs Megalitik Gunung Padang merupakan sebuah situs masa prasejarah dengan tinggalan purbakala berupa bangunan punden berundak dari zaman batu besar ( Megalitikum ) yang diperkirakan berusia 3000 s.d 4000 th Sebelum masehi. Secara administrasi Situs Megalitik Gunung Padang ini terletak di desa Karyamukti Kecamatan Campaka Kabupaten Cianjur, berjarak 50 Km sebelah barat daya kota Cianjur.

7. Curug Cikondang
curug cikondang. via:tripadvisor.co.id

Cukup banyak air terjun di Indonesia yang di sebut sebagai niagara mini dan salah satunya adalah Curug Cikondang. Curug ini berada tak jauh dari situs megalitik Gunung Padang, sehingga wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju curug ini setelah mengunjungi situs purbakala tersebut. Curug Cikondang berlokasi di Desa Sukadana, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur.

8. Pantai Apra
Pantai Apra Cianjur. via:pojoksatu.id

Selain wisata pegunungan, Cianjur juga memiliki objek wisata pantai. Salah satunya adalah Pantai Apra. Pantai ini terletak di Cianjur Selatan tepatnya di Desa Saganten Kecamatan Sindangbarang, jaraknya sekitar 120 Kilometer dari Kota Cianjur atau sekitar 300 meter dari alun-alun Sindangbarang.

9. Pantai Jayanti
pantai jayanti cianjur. via:detik.com

Masih di Cianjur selatan, selain mengunjungi Pantai Apra anda pun dapat mengunjungi Pantai Jayanti. Pantai ini berdampingan dengan pelabuhan nelayan, letaknya berada di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, jaraknya sekitar 139 kilometer dari Kota Cianjur.

Tambahkan Komentar Sembunyikan