Kombinasi Warna Cat Rumah Bagian Luar Berdasarkan 5 Roda Skema

Mengkombinasikan warna cat untuk dinding luar rumah memang gampang-gampang susah. Apalagi kita ingin hasil terbaik supaya rumah terlihat indah. Tapi ada sebuah cara untuk memilih kombinasi warna cat rumah yang mudah yaitu dengan roda warna.

Roda Warna (Color Wheel)

Roda Warna adalah diagram warna berbentuk lingkaran atau roda dengan urutan tertentu yang terdiri dari warna primer sekunder dan tersier. Lingkaran ini sangat membantu sekali dalam membuat kombinasi warna, baik untuk warna pakaian, cat rumah dan lain-lain.

Dalam Roda Warna ada 7 kombinasi warna yaitu monokromatik, komplementer, komplementer split, analog, triadik, tetradik dan persegi. Tapi disini kita hanya menggunakan 5 skema roda warna untuk mengkombinasikan warna cat luar rumah yaitu sebagai berikut.

1. Monokromatik

Dengan skema ini kalian mengkombinasikan beberapa warna yang bersumber dari satu warna tapi dengan intensitas yang berbeda. Sebagai contoh warna abu-abu, kalian bisa mengkombinasikannya dengan warna abu-abu yang lebih terang atau abu-abu yang lebih gelap. Kurang lebih seperti warna cat pada rumah dibawah ini.
Kombinasi monokromatik warna cat luar rumah abu-abu


2. Komplementer

Dengan skema ini kalian menggunakan dua kombinasi warna cat yang letaknya saling berseberangan pada roda skema. Sebagai contoh (lihat roda skema), kalian bisa mengkombinasikan warna hijau dengan merah, kuning dengan violet atau biru dengan oranye. Kurang lebih seperti warna cat pada rumah dibawah ini.
Kombinasi warna cat rumah hijau dan merah

3. Komplementer Split

Ini adalah variasi dari skema komplementer, kalau sebelumnya kalian menggunakan dua warna. Maka dengan ini kalian menggunakan tiga warna. Sebagai contoh, kalian bisa mengkombinasikan cat warna hijau dengan warna cat merah-ungu dan merah-jingga. Contoh lainnya, warna merah bisa dikombinasikan dengan warna biru-hijau dan warna kuning-hijau. Seperti warna cat rumah pada gambar dibawah ini.
Warna cat rumah bagian luar, merah-ungu, merah-jingga dan hijau serta abu-abu.



4. Analog

Dengan skema ini kalian memilih satu warna lalu dikombinasikan dengan warna yang terletak disebelahnya. Sebagai contoh kalian memilih warna merah, nah sebagai kombinasinya bisa dipilih warna seperti merah-jingga dan orange atau bisa juga dikombinasikan seperti yang tertera pada gambar roda warna diatas. Untuk pengaplikasian pada cat rumah bagian luar rumah kurang lebih tampak seperti pada gambar berikut.
Kombinasi warna cat rumah analog kurang lebih seperti ini, merah, merah-jingga dan abu-abu.


5. Triadik

Pada skema ini kalian memilih tiga kombinasi warna dengan membentuk segitiga sama sisi pada roda warna. Sebagai contoh, bila kalian memilih warna hijau maka akan menemukan warna kombinasinya yaitu orange dan violet. Untuk pengaplikasian pada cat rumah bagian luar rumah kurang lebih tampak seperti pada gambar berikut.

Kombinasi warna cat rumah tetradik, kurang lebih seperti gambar diatas.

Kombinasi warna cat menggunakan skema roda warna bisa kalian gunakan sebagai inspirasi, namun kalian bisa membuat kombinasi warna cat sendiri sesuai keinginan atau kecocokan dari bentuk rumah kalian.

Tambahkan Komentar Sembunyikan