Ini 9 Tempat Wisata di Tasikmalaya Jawa Barat

Tasikmalaya mempunyai banyak tempat wisata alam yang indah untuk dinikmati, selain  menawarkan wisata pantai, ada juga wisata air terjun yang mampu memanjakan mata Anda melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari-hari. Jika pilihan liburan Anda kali ini adalah ke Tasikmalaya, Anda dapat mengunjungi tempat wisata di Tasikmalaya berikut ini.

Tempat Wisata di Tasikmalaya

1. Pantai Cipatujah
tempat wisata tasikmalaya
Pantai Cipatujah Tasikmalaya. via:theromansa.net

Tempat wisata di Tasikmalaya yang pertama ada Pantai Cipatujah, Sempat hancur pasca tsunami pada tahun 2006. Namun, kini pantai tersebut sudah kembali bagus. Pantai Cipatujah berlokasi di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, sekitar 75 km dari pusat Kota Tasikmalaya. Menurut situs resmi pemerintah kabupaten Tasikmalaya, pantai Cipatujah merupakan pantai terlebar dan terpanjang di kawasan pantai selatan.

2. Pantai Sindangkerta
tempat wisata di tasikmalaya
Pantai Sindangkerta Tasikmalaya. via:erianggorokasih.com

Setelah cukup menikmati Pantai Cipatujah pengunjung bisa bergeser menuju Pantai Sindangkerta yang hanya berjarak 4 km saja dari sana. Pantai Sindangkerta memiliki taman laut yang bernama taman lengsar, dimana binatang-binatang laut terjebak di bebatuan karang ketika air laut surut, selain itu Pantai Sindangkerta juga memiliki penangkaran penyu.

3. Gunung Galunggung
tempat wisata di tasikmalaya
Gunung Galunggung Tasikmalaya. via:abdullahhatta.wordpress.com

Jika pantai kurang cocok untuk liburan Anda, Tasikmalaya punya tempat wisata lain yang dapat dikunjungi yaitu Gunung Galunggung. Gunung ini merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 mdpl dan pernah meletus puluhan tahun silam. Meskipun statusnya masih aktif, Gunung Galunggung masih aman dikunjungi. Sebanyak 620 anak tangga akan dilalui pengunjung untuk melihat kawahnya.

4. Curug Ciparay
tempat wisata di tasikmalaya
curug ciparay tasikmalaya. via:jelajahcurug.blogspot.com

Setelah selesai mengunjungi gunung Galunggung Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Curug Ciparay. Curug Ciparay memiliki dua Air terjun yang berdekatan di satu lokasi, curug yang pertama debit airnya cukup deras dan kedua lebih kecil sehingga dapat digunakan untuk mandi. Curug ini terletak di dusun Parentas, desa Cidugaleun, kecamatan Cigalontang.

5. Curug Cibakom dan Curug Koja
tempat wisata di tasikmalaya
curug koja tasikmalaya. via:jelajahcurug.blogspot.com

Curug Cibakom dan Curug Koja tak kalah menarik untuk dikunjungi, Anda tidak perlu menyalakan kendaraan dua kali karena curug atau air terjun ini berada di satu lokasi yang sama yaitu di Desa Linggajaya, Kec. Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya. Dalam perjalanan ke air terjun ini, Curug Cikabom adalah yang pertama kali bisa anda lihat dan selanjutnya baru Curug Koja.

6. Curug Dengdeng
tempat wisata di tasikmalaya
curug dengdeng tasikmalaya. via:wisatapriangan.co.id

Ada dua Curug yang bernama Curug Dengdeng di Tasikmalaya, yang pertama di Cikatomas dan kedua di Cipatujah, keduanya memiliki bentuk yang kurang lebih sama, hanya saja curug Dengdeng di Cipatujah lebih lebar. Kedua air terjun ini sama-sama bagus dan digadang-gadang sebagai miniatur air terjun niagara karena bentuknya yang hampir mirip.

7. Pantai Karangtawulan
tempat wisata di tasikmalaya
wisata pantai karangtawulan tasikmalaya. via:survive-giezag.blogspot.com

Kembali lagi ke pantai di Tasikmalaya, wisatawan bisa menikmati Pantai Karangtawulan. Sesuai namanya, pantai ini berkarang curam dan hanya beberapa meter dari bibir pantainya terdapat pulau-pulau karang. Lokasi pantai ini agak jauh dari pusat kota, tepatnya di Kecamatan Cikalong. Jaraknya 97 kilometer dari Kota Tasikmalaya.

8. Rajapolah
rajapolah tasikmalaya
Tempat kerajinan rajapolah tasikmalaya. via:kidnesia.com

Jika ingin membeli oleh oleh berupa kerajinan tangan Tasikmalaya, Anda bisa mengunjungi Rajapolah. Rajapolah merupakan salah satu kecamatan di Tasikmalaya yang terkenal sebagai pusat industri kerajinan tangan dan kompor. Di sini terdapat berbagai aksesoris dan souvenir yang bisa anda pilih, selain itu Anda juga dapat menemukan kerajinan yang menjadi ciri khas kota Tasikmalaya, seperti payung geulis nan legendaris dan kerajinan bordir.

9. Teejay Waterpark
tempat wisata di tasikmalaya
teejay waterpark tasikmalaya. via:resabintidahyar.wordpress.com

Untuk wisata anak-anak di Tasikmalaya mungkin bisa mengunjungi Teejay Waterpark, kolam renang ini berada di komplek Plaza Asia tepatnya di Jl. KHZ Mustofa, Kota Tasikmalaya. Harga tiket masuk kolam renang teejay adalah Rp. 25.000 (senin-jumat) dan Rp. 35.000 (hari libur).

Tambahkan Komentar Sembunyikan