Curug Cibeureum, Air Terjun Yang Indah di Cibodas

Air Terjun Cibeureum yang berlokasi di Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat sungguh indah dan menarik untuk dikunjungi. Air terjun setinggi 40 meter ini cukup recommended untuk jadi tujuan liburan bersama keluarga ataupun teman Anda menghabiskan weekend kali ini.

Curug Cibeureum
Curug Cibeureum 1, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Meskipun perjalanan ke air terjun membutuhkan perjuangan karena jalan yang menanjak dan berbatu, namun sepanjang perjalanan menuju air terjun kita akan disuguhkan pemandangan hijau berupa pepohonan di kiri dan kanan jalan. 

jalan curug cibeureum
Jalan berbatu menuju Curug Cibeureum

Di Curug Cibeureum ini terdapat tiga buah air terjun yang lokasinya berdekatan. Air terjun utama Curug Cibeureum adalah yang pertama kali kita lihat saat mencapai tujuan, lebarnya lebih besar dan deras. Sementara itu air terjun kedua berada di sebelah kanan curug utama dan lebarnya lebih kecil. Sedangkan air terjun ketiga berada di paling pojok kanan.

Curug Cibeureum
Curug Cibeureum 2, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Ketiga Air Terjun ini bisa digunakan untuk mandi namun pengunjung diwajibkan untuk berhati-hati ketika mandi di bawah aliran air terjun. 

Curug Cibeureum
Curug Cibeureum 3, Cibodas, Cianjur, Jawa Barat.

Perjalanan Menuju Curug Cibeureum

Cara menuju Curug Cibeureum dari Jakarta sangat mudah sekali. Anda tinggal menuju ke Puncak Bogor hingga melewati masjid atta'awun. Ikuti jalur tersebut beberapa kilometer sampai menemukan petunjuk jalan belok kanan menuju Cibodas. Setelah itu ikuti jalan tersebut dan Anda akan sampai di pintu gerbang Cibodas. Lokasi air terjun cibeureum berdekatan dengan Kebun Raya Cibodas tapi Anda jangan masuk ke Kebun Raya melainkan jalan terus ke sebelah kanan sampai menemukan loket menuju air terjun.

Sesudah membayar tiket masuk Cibeureum seharga Rp. 18.600 (weekend), perjalanan menanjak dengan jalan berbatu pun dimulai. Pastikan Anda menggunakan sandal gunung atau sepatu untuk kenyamanan Anda dalam perjalanan menuju Curug, selain itu bawa juga perbekalan air mineral dan makanan karena waktu tempuh yang dibutuhkan dari loket pembayaran sampai ke air terjun sekitar 1,5 sampai 2 jam perjalanan.

Fasilitas di Curug Cibeureum

Fasilitas yang ada di Curug Cibeureum adalah mushola, tempat bilas dan ganti, serta beberapa gazebo. Untuk warung makan, saat saya kesana tidak melihat namun ada beberapa penjual air mineral dan minuman kopi di lokasi Curug Cibeureum. Sedangkan untuk penjual souvenir seperti kaos dan lain-lain ada di luar dekat tempat parkir.

Wisata Lain di Sekitar Curug Cibeureum

Selain air terjun, di sekitar Curug Cibeureum banyak tempat wisata lain yang bisa dituju seperti Kebun Raya Cibodas yang juga mempunyai air terjun serta Camping Ground Mandalawangi. Ada juga tempat wisata puncak Bogor, seperti kebun teh puncak dan masjid atta'awun yang sebelumnya dilewati dalam perjalanan ke Cibodas.

Baca Juga: 9 Tempat Wisata di Cianjur

Curug Cibeureum

  • Lokasi Curug: Cibodas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. (Melewati beberapa km dari Masjid Atta'awun).
  • Harga Tiket: Rp. 18.600 (Weekend)
  • Waktu Tempuh: Dari loket sekitar 1,5 sampai 2 jam jalan kaki.
  • Fasilitas: Mushola, Gazebo, Kamar Bilas/Ganti Pakaian, Penjual Minuman.
  • Perlengkapan: Bekal makanan dan minuman yang cukup, gunakan sandal gunung atau sepatu karena jalanan berbatu.

Tambahkan Komentar Sembunyikan