8 Tempat Wisata di Garut Yang Harus Dikunjungi

Selain dodol dan domba, Kabupaten Garut mempunyai banyak tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Di Garut kamu bisa berjemur di pantai, menikmati derasnya air terjun, melihat peninggalan berupa candi, sampai mendaki gunung berketinggian 2.622 mdpl. Berikut adalah 8 tempat wisata di Garut paling terkenal dan wajib dikunjungi

1. Pantai Santolo
Pantai Santolo Garut. via:agusharis.net

Daerah Garut Selatan memiliki cukup banyak pantai yang bisa dikunjungi. Satu diantaranya adalah Pantai Santolo, pantai ini cukup terkenal dan wajib Anda kunjungi di Garut. Pemandangan pantai serta hamparan pasir pantai santolo menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan, tak hanya itu disini pula terdapat bangunan bersejarah yang pernah dibangun Belanda sekitar tahun 1850.

2. Pantai Sayang Heulang
Pantai Sayang Heulang Garut. via:IndonesiaKaya.con

Selain Pantai Santolo anda juga dapat mengunjungi pantai Sayang Heulang yang berada tidak jauh dari pantai santolo. Pantai sayang heulang terletak di pinggir kota Garut. Tepatnya masuk ke wilayah Desa Mancagahar, Kecamatan Pameungpeuk. Pantai ini juga cukup terkenal dan memiliki ciri khas berupa batuan karang yang menjorok ke laut.

3. Pantai Rancabuaya
Karang Pantai Rancabuaya. via:agusharis.net

Pantai Rancabuaya terletak di desa Purbayani Kecamatan Caringin, sekitar 30 km dari Pantai Santolo. Pantai Rancabuaya tak kalah dengan pantai-pantai lainnya, meskipun sebagian besar area di pantai ini berbatu, namun panorama alam yang membentang sejauh mata memandang dapat kita nikmati disela liburan bersama keluarga.

4. Pantai Puncak Guha
Pantai Puncak Guha. via:haryowidodo.com

Setelah dari Pantai Rancabuaya, Pantai Puncak Guha bisa menjadi pilihan Anda berikutnya karena jarak antara kedua objek wisata itu cukup dekat. Puncak Guha bisa dibilang seperti batu hiu di Pangandaran, dari sini anda bisa melihat pemandangan Samudera Hindia sejauh mata memandang ditambah pemandangan hijaunya padang rumput.

Keempat Pantai tersebut hanyalah sebagian dari beberapa pantai yang ada di selatan Garut, selain pantai-pantai tadi Anda juga dapat mengunjungi Pantai Karang Paranje, Pantai Gunung Geder, Pantai Manalusu serta Pantai Cicalobak.

Untuk wisata air terjun, Garut mempunyai beberapa yang menarik seperti berikut.
5. Curug Sanghyang Taraje
Curug Sanghyang Taraje. via:yogisunardi.blogspot.com

Curug Sanghyang Taraje terletak di Desa Pakenjeng, Kecamatan Pamulihan. Curug ini mempunyai debit air yang cukup besar dan ketinggian air terjun cukup tinggi. Curug Sanghyang Taraje disebut juga sebagai Curug Kembar karena jika dilihat dari bentuknya, Air Terjun ini terdiri dari dua air terjun yang berdampingan.

6. Curug Orok
Curug Orok Garut. via:sonofmountmalang.wordpress.com

Selain Curug Taraje Anda pun dapat mengunjungi Curug Orok yang berada di Desa Cikandang Kecamatan Cikajang kabupaten Garut. Letaknya berada di perkebunan teh Cikandang yang merupakan daerah dataran tinggi. Curug Orok ini sudah di kelola sebagai objek wisata, di bawahnya terdapat kolam yang dapat digunakan untuk bermain air.

7. Candi Cangkuang
Candi Cangkuang Garut. via:cokorngaprak.blogspot.co.id

Candi Cangkuang terletak di sebuah daratan di tengah danau kecil yang disebut situ Cangkuang sehingga untuk mencapai tempat tersebut pengunjung harus menggunakan rakit. Selain candi, di pulau itu juga terdapat pemukiman adat Kampung Pulo yang juga menjadi bagian dari kawasan cagar budaya. Candi Cangkuang ini berada di Desa Cangkuang Kecamatan Leles.

8. Gunung Papandayan
Gunung Papandayan. via:pejalanransel.com

Papandayan adalah sebuah gunung berketinggian 2.622 meter di atas permukaan laut yang letaknya berada di Garut Jawa Barat. Bagi Anda penyuka objek wisata minat khusus, terutama pendakian, tentunya Gunung Papandayan ini sudah tak asing lagi. Ada beberapa tempat menarik di Papandayan yang bisa anda tuju saat melakukan pendakian yaitu Kawah Papandayan, Hutan Mati, Pondok Saladah dan Tegal Alun.

Tambahkan Komentar Sembunyikan