5 Penyebab Jerawat dan 4 Cara Mengatasinya

Jerawat merupakan masalah kulit yang sebagian besar orang pernah mengalaminya. Masalah kulit ini berwujud bintik-bintik dan biasanya tumbuh di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, dada maupun punggung.

cara mengatasi jerawat
Jerawat. image:girlstips.com

Timbulnya jerawat pada bagian tubuh disebabkan oleh produksi sebum berlebih yang bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Ketika sumbatan ini terkena infeksi dengan bakteri, maka terjadi peradangan dan membentuk jerawat.

Ada beberapa faktor penyebab yang meningkatkan risiko seseorang mengalami jerawat yaitu sebagai berikut.

5 Penyebab Munculnya Jerawat

1. Perubahan Hormon

Penyebab munculnya jerawat yang diakibatkan dari perubahan hormon lebih banyak dialami orang dewasa terutama wanita. Karena wanita sering mengalami perubahan hormon, contohnya seperti pada masa menstruasi dan kehamilan.

2. Masa Puber

Penyebab munculnya jerawat yang diakibatkan masa puber biasanya dialami pada remaja. Selama masa puber, tubuh memproduksi lebih banyak sebum oleh kelenjar minyak seiring meningkatnya produksi hormon testosteron.

3. Kosmetik

Kosmetik dapat menjadi penyebab timbulnya jerawat karena bahan yang terkandung di dalamnya seperti comedogenic. Selain itu jarang membersihkan wajah setelah menggunakan make up dan menggunakan kosmetik yang tidak cocok juga menjadi faktor penyebab tinbulnya jerawat.

4. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menyebabkan munculnya jerawat. Contohnya seperti orang yang suka mengonsumsi alkohol, perokok, kurang istirahat dan stress. Gaya hidup yang tidak sehat ini dapat menimbulkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh yang akhirnya menimbulkan jerawat.

5. Penyebab Jerawat Karena Genetik

Penyebab jerawat karena faktor genetik merupakan turunan dari orangtua. Jika Anda memiliki orangtua yang pernah bermasalah dengan jerawat, maka anak/keturunannya akan beresiko mengalami masalah yang sama, bahkan bisa lebih besar.

4 Cara Mengatasi Jerawat

Menghilangkan atau mengobati jerawat membutuhkan waktu, tergantung tingkat keparahan yang dialami, bahkan ada yang bisa hilang dengan sendirinya.

1. Mengatasi Jerawat Karena Kosmetik

Untuk jerawat ringan yang disebabkan karena kebersihan setelah menggunakan make up bisa diatasi dengan menjaga kebersihan diri. Tapi untuk make up yang tidak cocok sebaiknya kurangi secara bertahap atau gunakan kosmetik yang yang memiliki efek tidak menghalangi pori-pori kulit.

2. Mengatasi Jerawat Karena Perubahan Hormon

Untuk jerawat yang disebabkan karena faktor perubahan hormon seperti menstruasi, kehamilan atau masa puber bisa dikontrol dengan mencuci muka sehari 2 kali menggunakan sabun wajah yang ringan serta kurangi makanan berlemak. Bila ingin menggunakan produk wajah, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda.

Jerawat karena perubahan hormon ini akan berkurang seiring perkembangan hormon. Namun jika berlebihan sebaiknya periksakan ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

3. Obat Mengatasi Jerawat

Mengutip dari alodokter.com, ada beberapa jenis obat jerawat yang biasanya dibeli melalui resep dokter yaitu:

1. Retinoid Topikal (tretinoin dan adapalene) yang tersedia dalam bentuk krim dan gel, namun ini dilarang untuk wanita hamil karena dapat menyebabkan cacat lahir.

2. Benzoil peroksida, obat ini mampu mencegah kulit mati menyumbat folikel rambut dan mampu membunuh bakteri yang dapat menginfeksi folikel yang tersumbat. Namun obat ini memiliki efek samping seperti sensasi gatal, menyengat dan panas pada kulit. Selain itu, kulit juga bisa mengeras dan mengering, bahkan menjadi kemerahan dan mengelupas.

3. Asam azelaic biasa dijadikan alternatif selain dua obat diatas, dengan efek samping kulit menjadi kemerahan dan kering. Kadang-kadang kulit juga terasa gatal, panas, atau perih.

4. Antibiotik Topikal

5. Antiandrogen

6. Isotretinoin, Untuk Mencegah Tersumbatnya Folikel Rambut

4. Mengatasi Jerawat Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan obat, mengobati jerawat juga bisa dilakukan dari luar dengan menggunakan bahan alami seperti air perasan lemon, air perasan jeruk nipis, madu, putih telur, bawang putih dan tomat.

Demikian informasi 5 penyebab jerawat dan 4 cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Anda mengatasi masalah jerawat.

Tambahkan Komentar Sembunyikan