6 Tips Singkat Merawat Adenium Sendiri di Rumah

Adenium merupakan tanaman hias asli gurun yang dikenal juga dengan nama Kamboja Jepang. Tanaman ini mempunyai bentuk bunga seperti terompet dengan warna yang bermacam-macam. Daun Adenium berukuran kecil dengan bentuk yang bervariasi. Selain itu, Adenium juga memiliki Bonggol unik yang menjadi daya tarik tersendiri.
adenium
Tanaman Hias Adenium
Berikut adalah tips singkat merawat adenium, mulai dari penggunaan media tanam, pemupukan, membuat adenium berbunga lebat sampai membesarkan bonggol adenium.

1. Gunakan Media Tanam Yang Tepat

Habitat asli adenium adalah daerah kering berbatu sehingga tanaman ini senang dengan media tanam yang kering dan porous (tidak mengikat air). Campuran untuk media tanam adenium adalah pasir, pupuk organik dan serpihan arang atau arang sekam dengan komposisi 1:1:1.

2. Tips Penggunaan Pot Untuk Adenium

Penggunaan pot pada adenium dikabarkan mempengaruhi pembentukan bongol. Apabila menggunakan pot pendek maka bonggol adenium menjadi besar dan pendek sedangkan penggunaan pot yang tinggi membuat bonggol adenium menjadi panjang dan kurus. Apabila bonggol adenium sudah jadi, bisa ditempatkan di pot bonsai.

3. Tips Penyiraman Untuk Adenium

Meskipun berasal dari daerah gurun, adenium harus tetap disiram. Tapi penyiraman adenium hanya dilakukan saat media tanam benar-benar kering saat disentuh.

4. Pemupukan Adenium

Pemupukan untuk tanaman adenium saat masa pertumbuhan dan pascapembungaan harus menggunakan pupuk dengan kandungan N.P.K seimbang. Pemupukan bisa dilakukan dengan cara ditaburkan atau dibenamkan pada media tanam. Agar lebih efektif, sebaiknya pemupukan dilakukan bersamaan dengan penyiraman.

5. Tips Membuat Adenium Berbunga Lebat

Lakukan pemangkasan pada cabang yang tumbuh bersilangan atau menumpuk. Pemangkasan dilakukan 2cm dari pangkal cabang atau batang. Setelah pemangkasan, kurangi penyiraman dan gunakan pupuk dengan N tinggi seperti growmore. Lalu berikan juga pupuk dengan P lebih tinggi sebelum masa pembungaan berlangsung.

6. Tips Membesarkan Bonggol Adenium

Bonggol adenium merupakan daya tarik utama dari tanaman ini dan bonggol tersebut bisa diperbesar dengan cara memendam bonggol yang sudah berumur 6 bulan ke dalam media tanam selama kurang lebih 6-7 bulan. Namun harus dipastikan terlebih dulu adenium milik Anda memiliki bakal bonggol yang bagus. Dengan cara ini bonggol adenium bisa terlihat lebih besar dan gagah.

Sumber:

- Buku Pintar Tanaman Hias
- Tip Merawat Tanaman Hias

Tambahkan Komentar Sembunyikan