Mengenal Tanaman Hias, Jenis, Fungsi dan Manfaatnya

Tanaman Hias adalah jenis tanaman tertentu yang dapat ditata untuk memperindah lingkungan di luar maupun di dalam ruangan sehingga ruangan menjadi terlihat artistik dan menarik. Penilaian indahnya suatu tanaman memang bersifat subjektif, tapi secara umum keindahan tanaman terletak pada organnya terutama daun dan bunga. Dari sinilah muncul jenis tanaman hias daun dan bunga.

Jenis Tanaman Hias Daun

Tanaman hias daun adalah tanaman yang jeindahannya terletak pada aneka ragam penampilan daunnya yang beraneka warna. Mulai dari satu warna, merah, oranye, ungu, sampai yang memiliki beberapa warna. Misalnya seperti warna merah tanaman aglaonema atau warna merah bercampur hijau pada tanaman puring. Selain itu, keindahan tanaman hias daun juga dinilai dari bentuk daunnnya, bentuk tajuknya, bentuk batang sampai teksturnya.

Tanaman Hias Daun, Aglaonema atau di Indonesia disebut Sri Rejeki

Tanaman hias daun mempunyai kelebihan dibandingkan dengan tanaman hias bunga, yaitu memiliki keindahan yang relatif lebih lama karena masa vegetatifnya cenderung lebih lama daripada masa berbunganya. Namun untuk mendapatkan kualitas tanaman yang baik perlu diperhatikan juga syarat tumbuh dan perawatannya.

Jenis Tanaman Hias Bunga

Bunga Mawar, salah satu jenis tanaman hias bunga
Keindahan tanaman hias ini terletak pada penampilan bunganya yang beraneka warna. Bentuk dan ukurannya pun beraneka ragam, ada yang kecil, besar sampai bunganya yang harum. Semua itu membentuk daya pikat tersendiri bagi penggemar tanaman hias bunga. Dibandingkan daun, keindahan bunga yang berwarna-warni lebih dapat dinilai dan dinikmati semua orang. Salah satu tanaman hias bunga yang paling digemari dan populer di masyarakat Indonesia adalah tanaman mawar.

Fungsi dan Manfaat Tanaman Hias

Tanaman hias mempunyai fungsi yang beragam. Dalam taman atau luar ruangan, tanaman hias mempunyai fungsi arsitektur, fungsi enginering dan fungsi keindahan. Dalam fungsi arsitektur, tanaman hias dimanfaatkan sebagai pembentuk ruang, pembatas pandangan yang kurang baik dan pemberi privacy pada ruang luar. 

Fungsi Tanaman Hias untuk pagar rumah

Dalam fungsi keindahan, tanaman hias berfungsi untuk membingkai pandangan, memberi kelengkapan pada unsur perancangan lain dan sebagai latar belakang. Dalam fungsi enginering tanaman digunakan untuk mencegah silau, mengendalikan erosi serta mengarahkan kendaraan atau pejalan kaki.

Di dalam ruangan, fungsi tanaman hias tidak hanya mampu membuat sebuah ruangan menjadi indah tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan. Mengutip dari intisari-online, ada beberapa manfaat tanaman hias yang ditempatkan dalam rumah yaitu.

1. Membantu Bernafas Lebih Mudah

Tanaman menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen selama fotosintesis. Dengan menempatkan tanaman dalam rumah, kadar oksigen akan meningkat dan kita akan menuai keuntungan dari pertukaran gas ini.

2. Mengurangi alergi dan asma

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Agriculture di Norwegia menemukan bahwa tanaman hias dapat membantu meringankan gejala alergi. Tanaman meningkatkan kadar kelembaban dan mengurangi debu di dalam rumah. Penelitian ini menunjukkan bagaimana tanaman hias dalam rumah mengurangi batuk, sakit tenggorokan, dan gejala flu lain, serta gejala asma.

3. Meningkatkan Fungsi Kognitif

Tanaman meningkatkan kemampuan mental, konsentrasi, dan memori, serta membantu mengurangi stres. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa siswa menunjukkan fokus dan perhatian hingga 70 persen lebih tinggi dengan ruangan kelas yang diberi tanaman. Penelitian lain yang dilakukan oleh Texas A & M University menunjukkan bahwa karyawan di sebuah ruangan dengan tanaman menghasilkan ide 13 persen lebih banyak daripada karyawan di sebuah ruangan dengan patung.

4. Meningkatkan Kesehatan Mental

Manfaat tanaman di dalam rumah untuk kesehatan mental termasuk stres dan kecemasan yang berkurang, suasana hati yang lebih baik dan peningkatakan stabilitas. Sebuah penelitian menemukan bahwa orang yang berada di sebuah ruangan dengan tanaman mengalami penurunan hingga empat poin tekanan darah sistolik setelah mengambil tes stres, dibandingkan pada sekelompok orang di sebuah ruangan tanpa tanaman.

Sumber:

- Taman hias ruangan: mengenal dan merawat
- Panduan Praktis Mengenal Keunikan, 767 Jenis, Galeri Tanaman Hias Daun
- Tanaman Hias Indonesia
- intisari-online.com

Tambahkan Komentar Sembunyikan