Ini 10 Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan Anda

Pepaya termasuk buah yang memiliki banyak manfaat, hampir semua bagian tanaman pepaya dapat dimanfaatkan untuk kesehatan. Sebagian orang sudah mengetahui bahwa pepaya sangat bermanfaat untuk memperlancar pencernaan. Namun ternyata manfaat buah pepaya lebih dari itu. Berikut manfaat buah pepaya untuk kesehatan yang dikutip dari MSN.

Manfaat Buah Pepaya


1. Menurunkan Kolesterol

Pepaya kaya akan serat, vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu mencegah kolesterol terbangun di arteri Anda. Terlalu banyak kolesterol di tubuh Anda akan menyebabkan beberapa penyakit jantung termasuk serangan jantung dan hipertensi.

2. Membantu Diet dan Melancarkan Pencernaan

Bagi yang ingin menurunkan berat badan, Anda harus memasukan pepaya dalam daftar diet karena kandungan kalori dalam pepaya sangat rendah. Selain itu, kandungan serat pada pepaya juga akan melancarkan pencernaan yang membantu program penurunan berat badan Anda semakin mudah.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh Anda bertindak sebagai perisai terhadap berbagai infeksi yang dapat membuat Anda sakit. Satu buah pepaya berisi lebih dari 200 kebutuhan harian Anda akan Vitamin C. Sehingga bagus untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

4. Untuk Penderita Diabetes

Pepaya adalah makanan pilihan yang bagus untuk penderita diabetes, karena memiliki kadar gula yang rendah meskipun rasanya manis. Orang yang tidak memiliki diabetes juga dapat makan pepaya untuk mencegah hal tersebut. Namun menurut alodokter.com reaksi pepaya pada penderita diabetes 1 dan 2 berbeda, jadi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter.

5. Menyehatkan Mata

Pepaya kaya akan vitamin A yang membantu melindungi penglihatan Anda dari degenerasi. Tentunya tak seorang pun mau kehilangan kemampuan untuk melihat akibat penyakit seperti degenerasi makula, untuk itu makan pepaya dapat membantu menyehatkan mata agar anda terhindar dari penyakit tersebut.

6. Baik Untuk Tulang dan Mencegah Penyakit Arthritis

Makan pepaya baik untuk tulang Anda karena pepaya memiliki sifat anti inflamasi serta mengandung Vitamin C yang membantu melindungi diri Anda dari penyakit arthritis. Sebuah studi menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi makanan rendah Vitamin C tiga kali lebih mungkin untuk memiliki athritis.

7. Membantu meringankan Nyeri Haid

Wanita yang mengalami nyeri haid mungkin bisa mengonsumsi pepaya. Dilansir dari MSN.com, pepaya memiliki enzim papain yang dapat membantu mengatur dan memperlancar aliran selama periode menstruasi.

8. Mencegah Tanda Penuaan

Makan pepaya secara rutin dapat membantu Anda awet muda, karena pepaya kaya akan Vitamin C, Vitamin E dan Antioksidan seperti Betakaroten yang membantu mencegah kerusakan kulit Anda dari radikal bebas, menjaga kerutan pada kulit dan tanda-tanda penuaan lain.

9. Mencegah Kanker

Pepaya merupakan buah yang kaya antioksidan, phytonutrients dan flavanoid yang membantu melindungi sel-sel anda Anda dari kerusakan radikal bebas. Beberapa studi juga menghubungkan mengkonsumsi pepaya dapat mengurangi resiko kanker usus dan kanker prostat.

10. Mengurangi Stress

Buah pepaya banyak mengandung Vitamin C yang dapat menjaga Anda dari stres. Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of Alabama menemukan bahwa mengonsumsi 200mg Vitamin C dapat membantu mengatur hormon stres pada tikus.

Tambahkan Komentar Sembunyikan