10 Makanan Khas Solo Beserta Cemilannya

Selain budaya, Solo juga kaya akan makanan khas yang bisa bikin lidah kamu bergoyang. Banyak makanan lezat dengan citarasa khas Solo bisa kamu temukan di setiap penjuru Kota. Nah, khusus buat kamu yang ingin menikmati makanan khas Solo, berikut ini ragam makanan khas Solo.

1. Nasi Liwet
makanan solo
Nasi Liwet Wongso Lemu, Solo, credit image: viva.co.id

Nasi Liwet adalah makanan khas Solo yang terbuat dari beras yang di masak dengan santan dan bumbu rempah. Kemudian dipadu dengan sayur labu, telur rebus, ayam suwir dan disajikan dengan picuk daun pisang. Di Solo kamu dapat dengan mudah menemukan penjual makanan ini, tapi ada satu warung nasi liwet paling terkenal di Solo yaitu Nasi Liwet Wongso Lemu yang berada di daerah Keprabon.

2. Timlo Solo
Makanan Solo
Timlo Solo, Credit Image: Solopos.com

Timlo adalah makanan berkuah dengan berbagai macam isi seperti ati ampela, semur telur bebek, potongan daging ayam dan sosis khas Solo yang mirip seperti martabak telur. Sedangkan bumbunya terdiri dari air kaldu ayam pekat, bawang putih, pala, lada dan taburan bawang goreng di atas nasi. Buat kamu yang mencari penjual timlo di Solo, ada satu warung yang terkenal yaitu Timlo Sastro yang berada di daerah Pasar Gede.

3. Tengkleng
Makanan Solo
Tengkleng Bu Edi Pasar Klewer Solo. credit image: tribunnews.com

Tengkleng adalah makanan khas Kota Solo yang berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel. Sekilas makanan ini mirip dengan gulai. Tapi tengkleng dimasak tanpa menggunakan santan sehingga kuahnya lebih encer. Di Solo ada satu warung terkenal yang menjual tengkleng sejak lama yaitu warung Bu Edi di Pasar Klewer.

4. Gudeg Ceker
Makanan Solo
Gudeg Ceker Solo. credit image: detik.com

Selain di Jogja, kamu juga bisa menemukan Gudeg di Solo dengan citarasa tersendiri. Kalau gudeg di Jogja, rasanya dominan manis tapi kalau gudeg di Solo lebih dominan asin dan gurih. Di Solo kamu bisa mencoba Gudeg Ceker, seporsi gudeg ini akan dilengkapi dengan ceker atau kaki ayam. Salah satu warung yang terkenal menjual Gudeg Ceker di Solo adalah warung gudeg Bu Kasno di Margoyudan.

5. Sate Kere
Makanan Solo
Sate Kere Yu Rebi Solo, credit image: surakarta.go.id

Sate Kere sama seperti sate pada umumnya yang disiram bumbu kacang, yang membedakannya adalah bahan utamanya. Jika sate biasa menggunakan daging sapi atau ayam, sate kere ini menggunakan bahan utama tempe gembus (tempe ampas kedelai pembuatan tahu) atau jeroan sapi. Nah, buat kamu yang ingin mencicipi sate kere ada warung terkenal di Solo yang menjual sate kere yaitu Sate Kere Yu Rebi.

6. Cabuk Rambak
Makanan Solo
Cabuk Rambak Khas Solo. credit image: satyawinnie.com

Cabuk Rambak merupakan makanan khas Solo yang menggunakan ketupat sebagai bahan dasarnya. Ketupat di iris kecil-kecil, kemudian diberi saus yang terbuat dari wijen dan kelapa dengan penyajian menggunakan daun pisang. Makanan ini biasa disantap bersama kerupuk yang terbuat dari beras atau disebut Karak.

7. Tahok
makanan solo
Tahok Khas Solo, credit image: Soloraya.com

Tahok adalah makanan Solo berupa kembang tahu lembut yang disiram kuah dengan campuran gula dan jahe sehingga terasa manis dan hangat saat disantap. Kamu bisa menemukan penjual tahok di pasar Gedhe Solo, satu mangkuk tahok dihargai 5.000 rupiah saja.

8. Pecel Ndeso
makanan solo
Pecel Ndeso Solo, credit image: tribunnews.com

Di Solo ini ada makanan pecel ndeso. Pecel ini hampir sama dengan pecel lainnya, tapi biasanya dimakan dengan nasi merah bersama lauk seperti bongko dan gembrot. Selain itu sambalnya dibuat dengan bahan utama wijen hitam, inilah yang membedakan pecel ndeso dengan pecel lain.

9. Gule Goreng
Makanan Solo
gule goreng khas solo. credit image: twitter.com

Kalau kamu penyuka makanan berbahan dasar kambing, di Solo kamu harus mencoba gule goreng. Gule Goreng ini tetap menggunakan bahan yang sama seperti gule kambing biasa, bedanya daging kambing/jeroan yang telah diberi bumbu itu digoreng dengan kompor arang sampai garing. Kemudian disajikan bersama kuah gule dalam piring yang terpisah. Kamu bisa menemukan penjual gule goreng di Jalan Diponegoro, Kota Solo.

10. Bakmi Toprak
Makanan Solo
Bakmi Toprak khas solo: credit image: travellinary.blogspot.co.id

Bakmi Toprak merupakan makanan khas Solo yang terdiri dari mie kuning, irisan kol, tahu tempe goreng, telur dan sosis khas Solo. Sekilas namanya mirip makanan ketoprak, namun berbeda. Jika ketoprak menggunakan kuah bumbu kacang, Bakmi Toprak Solo ini berkuah bening dengan taburan bawang goreng dan seledri. Buat kamu yang ingin mencicipi bakmi toprak, ada warung yang terkenal menjual makanan ini yaitu Bakmi Toprak Yu Nani di Kartopuran, Solo.

Minuman Khas Solo

Selain makanan khas yang enak, Solo juga mempunyai minuman tradisional khas yang wajib Anda coba. Adapun beberapa minuman khas Solo adalah sebagai berikut.

1. Wedang Dongo
Wedang Dongo Khas Solo, credit image: Indonesiakaya.com

Wedang Dongo merupakan Wedang Ronde versi Solo. Meskipun namanya berbeda tapi banyak kemiripan. Minuman ini terdiri dari ronde yang di dalamnya berisi kacang yang ditumbuk, kolang-kaling dan air jahe yang sudah dicampur gula merah.

2. Dawet Telasih Solo
Makanan Solo
Dawet Telasih Solo, credit image: detik.com

Es Dawet Solo ini berbeda dengan dawet yang dimiliki daerah lain. Kalau dawet khas Banjarnegara berupa cendol dengan kuah santan serta gula merah cair. Dawet Telasih di Solo ini memiliki isi lebih lengkap yaitu jenang sumsum, ketan hitam, gula merah, buah nangka lalu disiram dengan santan kelapa tidak ketinggalan biji selasih sebagai pelengkap dari dawet ini. Kamu bisa membeli dawet telasih di Pasar Gede Solo.

Cemilan/Jajanan Khas Solo

Untuk kamu yang mau cemilan atau jajanan ringan khas Solo ada beberapa yang bisa kamu coba, diantaranya sebagai berikut.

1. Serabi Solo
Makanan Solo
Serabi Notosuman, credit image: blogspot.co.id

Gak cuma di Jawa Barat, di Solo, Jawa Tengah juga ada serabi. Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, santan dan berbentuk bulat dengan kerak disekelilingnya yang renyah. Biasanya serabi ini diberi toping coklat, nangka, dan irisan pisang. Kamu bisa membeli cemilan ini di Warung Serabi Notosuman yang terletak di Jl. Moh Yamin.

2. Intip
Makanan Solo
Intip Solo, credit image: Tempo.co

Intip adalah makanan cemilan khas yang terbuat dari kerak nasi yang dimasak dengan kayu bakar. Kemudian diberi taburan gula merah cair atau garam halus. Kamu bisa membeli makanan ini di pasar oleh-oleh yang ada di Solo untuk dibawa pulang sebagai oleh oleh.

3. Roti Kecik
Makanan Solo
Roti Kecik Solo

Roti Kecik adalah cemilan khas berbahan baku tepung ketan yang diolah dengan cara disangrai. Bentuknya kecil, ada yang bulat dan panjang. Bagi kamu yang ingin membeli roti kecik, kamu bisa mendapatkannya di Toko Roti Kecik Ganep yang terletak di Jl. Sutan Syahrir, Tambaksegaran, Solo.

Tambahkan Komentar Sembunyikan